login-icon Donasi Sekarang login-icon Laporan login-icon Tentang Kami login-icon Berita

PUSPAS UNAIR Berhasil Menyalurkan Dana Bantuan Kepada Pihak LPPM Untuk Mendirikan Tenda Persalinan di Mamuju

PUSPAS UNAIR Berhasil Menyalurkan Dana Bantuan Kepada Pihak LPPM Untuk Mendirikan Tenda Persalinan di Mamuju

PUSPAS UNAIR – Permasalahan bencana alam memang kerap terjadi di beberapa daerah yang tegolong ke dalam 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Akibatnya, di daerah tersebut banyak fasilitas yang rusak, dan beberapa aksesibilitas pelayanan menjadi sulit dijangkau.

Sigap menyikapi urgensi tersebut, Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga (UNAIR) menyalurkan dana bantuan kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNAIR yang hendak berangkat ke Mamuju untuk mensukseskan misi mereka dalam mendirikan Tenda Persalinan.

Mengutip dari pernyataan Ketua LPPM, Dr. Gadis Meinar Sari, dr., M. Kes yang menyampaikan bahwa, “Puspas memyalurkan dana bantuan kepada pihak LPPM UNAIR berupa Tenda Persalinan dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk diteruskan ke Puskesmas Bambu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Propinsi Sulawesi Barat.”

“Kami memilih Mamuju khususnya desa Bambu, karena daerah tersebut pada 14-15 Januari 2021 tertimpa musibah Bencana Gempa dan kerusakan robohnya beberapa fasilitas umum yang sampai saat ini belum direnovasi.”

Fasilitas umum seperti Puskesmas di desa Bambu yang roboh akibat gempa tersebut masih dalam kondisi retak bahkan sebagian bangunannya roboh. Sehingga tidak memadai untuk digunakan sebagai tempat pemberian layanan kesehatan.

“Meninjau kondisi tersebut, perlu upaya untuk membantu pemulihan kondisi puskesmas pasca Gempa di Mamuju smbari menunggu adanya bantuan dari pemerintah untuk merenovasi bangunan yang retak dan roboh,” jelas ketua LPPM tersebut.

“Masyarakat desa Bambu, kecamatan Mamuju, kabupaten Mamuju tentu memerlukan fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai seperti. Bantuan tenda dari BNPB sudah ada disana, tetapi digunakan untuk pelayanan poliklinis. Sedangkan untuk pelayanan persalinan belum ada fasilitas pengganti,”imbuhnya.

Akibat urgensi tersebut, dari PUSPAS, LPPM, Fakultas Kedokteran (FK) UNAIR, dan Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) mendirikan Tenda Persalinan dan memberikan bantuan APD. Pihaknya juga berharap bahwa, “Melalui fasilitas Tenda Persalinan ini, kami mampu memfasilitasi persalinan dengan aman, nyaman, dan kondusif untuk masyarakat Mamuju, khususnya masyarakat desa Bambu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.”

Kolaborasi hebat antara PUSPAS, LPPM, FK UNAIR, dan RSTKA dalam Pelaksanaan Bantuan Universitas Airlangga pada Pemulihan Daerah Pasca Bencana Mamuju Sulawesi Barat telah berjalan dengan sukses. Saat ini masyarakat di wilayah desa Bambu dapat merasakan kembali pelayanan kesehatan khususnya fasilitas persalinan di Puskesamas desa Bambu dengan lebih memadai.

“Terimakasih atas segala bantuan yang difasilitasi oleh PUSPAS UNAIR, semoga kedepannya kami dapat bekerjasama kembali dalam berbagai bantuan kemanusiaan dan penyaluran lainnya,” ucap ibu Gadis.

Penulis: Zahwa E. Bella

Editor: Ainun Jaria
Tags :
Baca Juga: