login-icon Donasi Sekarang login-icon Laporan login-icon Tentang Kami login-icon Berita

PUSPAS UNAIR BERIKAN BEASISWA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENDUKUNG SDGS QUALITY EDUCATION DAN GENDER EQUALITY

PUSPAS UNAIR BERIKAN BEASISWA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENDUKUNG SDGS QUALITY EDUCATION DAN GENDER EQUALITY

Sustainable Development Goals atau yang disingkat dengan SDGs merupakan komitmen global dan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam rangka mendukung program SDGs keempat dan kelima yakni pendidikan berkualitas dan kesetaraan gender, PUSPAS UNAIR memberikan beasiswa kepada mahasiswi berupa pendidikan karakter dalam meningkatkan hadrskill maupun softskill untuk menyiapkan bekal mahasiswi setelah lulus.

Pendidikan berkualitas harus menjadi salah satu area yang menjadi keunggulan universitas. Pendidikan adalah pintu gerbang utama dari ketimpangan, terutama permasalahan ketidaksetraaan multi-generasi. Selain meningkatkan kualitas hidup, akses pada pendidikan inklusif dapat membekali masyarakat dalam mengembangkan solusi inovatif untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Tidak hanya itu, kesetaraan gender dan memperdayakan perempuan juga menjadi area penting universitas. Universitas secara aktif mendukung mahasiswi perempuan yang kurang beruntung dengan memastikan bahwa perempuan dapat melanjutkan dan mendapatkan akses ke perguruan tinggi. Dukungan terhadap perempuan diimplementasikan oleh PUSPAS UNAIR melalui Beasiswa Griya Khadijah.

Beasiswa Griya Khadijah merupakan program beasiswa berupa fasilitas rumah beserta pendampingan bagi mahasiswi terpilih untuk dibimbing dalalm mencapai cita-citanya di masa depan dan ikut berkontribusi dalam program pengembangan pendidikan karakter Universitas Airlangga. Griya Khadijah adalah program pemberdayaan mahasiswi berkelanjutan selama 4 tahun dengan target output berupa hafiz minimal 3 juz, berakhlak mulia, dan berjiwa entrepreneur.

Pengelolaan program Griya Khadijah dilakukan di rumah wakaf nazhir Universitas Airlangga yang diproduktifkan selama 9 tahun. Mahasiswi yang mengikuti griya khadijah dilaksanakan dengan multi-financing / self-financing bersumber dari pendanaan mandiri dan dana sosial, salah satunnya adalah zakat. Program ini merupakan bukti bahwa PUSPAS UNAIR berkontribusi dalam mendukung pencapaian SDGs poin keempat dan kelima. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama berkontribusi dan mendukung program yang diadakan oleh PUSPAS UNAIR agar lebih banyak manfaat dan kebaikan yang ikut kita tebarkan.

Penulis : Galuh Adi Sekarningrum

Penyunting : Roichatul Jannah

Baca Juga: