login-icon Donasi Sekarang login-icon Laporan login-icon Tentang Kami login-icon Berita

Tes GeNose oleh PUSPAS untuk Kegiatan UNAIR dalam Menyongsong SDGs Bidang Good Health and Well-Being

Tes GeNose oleh PUSPAS untuk Kegiatan UNAIR dalam Menyongsong SDGs Bidang Good Health and Well-Being

Pandemi COVID-19 masih berlangsung hingga saat ini dan kasus setiap harinya menghasilkan tren yang fluktuatif. Per tanggal 21 Juni 2021, sebanyak 14.536 orang terkonfirmasi positif COVID-19 (Satuan Tugas Penanganan COVID-19, 2021).

Dalam rangka menekan penurunan penularan COVID-19, Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga (UNAIR) melayani layanan pemeriksaan skrining dengan menggunakan GeNose C19 bagi civitas akademika Universitas Airlangga dan masyarakat umum.

Salah satu contoh tes GeNose yang telah dilakukan oleh PUSPAS untuk kegiatan luring (luar jaringan – offline) ataupun hybrid contohnya adalah ketika pelaksanaan Dies Natalis Fakultas Vokasi UNAIR di Hotel Santika pada Jum’at (04/06/2021). Hal ini sekaligus sebagai sumbangsih PUSPAS untuk menyongsong tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4 yakni Good Health and Well-being.

“Oleh karena tes GeNose untuk event Dies Natalis Vokasi ini dilakukan secara massal, tentunya dalam penyalurannya kami memberlakukan sistem kerja sama,” tutur Dr. Prawitra Thalib S. H., M. H. selaku sekretaris PUSPAS.

Acara Dies Natalis Vokasi yang ke-7 ini juga mendatangkan Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc. secara offline dan tedapat pula Bapak Menteri ESDM yakni Ignasius Jonan, S.E., M.A.

“Apabila ingin menggunakan fasilitas tes GeNose untuk kepentingan event dan dilakukan secara massal, maka cukup berdonasi 3jt rupiah minimal untuk 50 kantong dan mobil sosial PUSPAS pun akan datang ke tempat acara diselenggarakan, ” imbuhnya.

Adapun hasil tes GeNose yang dikeluarkan oleh PUSPAS UNAIR bersifat informatif, yakni keterangan dari hasil tes tersebut tidak dapat digunakan sebagai surat penyokong syarat perjalanan.

“Karena kami bukan penyedia jasa kesehatan, maka hasil tes GeNose adalah sebagai suatu sarana informatif dan skrining awal atau langkah preventif untuk mencegah penularan COVID-19,” pungkas Pak Prawitra.

Tertarik untuk memanfaatkan program ini? Silakan hubungi hotline PUSPAS di nomor 031-5954501 atau dapat melalui WhatsApp di nomor 082252288774.

Author: Zahwa E. Bella | Editor: Ainun Jaria
Baca Juga: