login-icon Donasi Sekarang login-icon Laporan login-icon Tentang Kami login-icon Berita

Tes Genose oleh PUSPAS di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dalam Rangka Mewujudkan SDG’s Good Health and Well Being

Tes Genose oleh PUSPAS di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dalam Rangka Mewujudkan SDG’s Good Health and Well Being

PUSPAS UNAIR – Dalam rangka menekan angka penyebaran virus covid-19, Pusat Pengembangan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga (UNAIR) menyediakan jasa layanan tes GeNose melalui donasi. Layanan tes GeNose sendiri dihadirkan sebagai bentuk skreening awal di sebuah event tertentu, ataupun tes pribadi kepada khalayak, dan khususnya keluarga besar di Universitas Airlangga.

Salah satu contoh tes GeNose yang telah dilakukan oleh PUSPAS adalah terkait acara yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang mengadakan Focus Group Discussion (FGD) guna membahas pengembangan kurikulum berbasis revolusi industri 4.0 pada Sabtu, (19/06/2021) yang dilaksanakan secara hybrid melalui platform zoom dan luring di aula KRMT Fadjar Notonegoro.

FGD oleh FEB UNAIR ini mengusung tema Forum Industri Dunia Usaha – Dunia Kerja dan Pengembangan Kurikulum Berbasis Revolusi Industri 4.0, Outcome Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

Sebelum proses FGD berlangsung, tim GeNose oleh PUSPAS ini hadir untuk melakukan skreening awal kepada para peserta dan panitia sebelum memasuki ruangan. Dalam prosesnya, tim GeNose telah memberikan arahan berupa hal yang boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan sebelum menjalankan tes GeNose sekaligus mendukung SDG nomer 3 yakni Good Health and Well Being.

“Sehari sebelumnya, kami tentu akan share terkait pantangan yang tidak boleh dilanggar sebelum tes GeNose. Hal itu, diantaranya seperti dilarang makan dan minum (kecuali air mineral) minimal 30 menit - 1 jam sebelum pemeriksaa. Dilarang merokok minimal 1 jam sebelum pemeriksaan. Tidak menggunakan hansanitizer sebelum dan selama pemeriksaaan,” ujar Herlyn Afifah Nurwitanti, S.Kep.,Ns salah satu bagian dari tim GeNose PUSPAS.

Menurut Herlyn-sapaannya, ada pula beberapa hal yang dianjurkan, seperti, “Kami juga menganjurkan peserta untuk berkumur dan minum air mineral selama 30 menit sebelum pemeriksaan.”

Lantas, bagaimana dengan para pelanggar aturan tes GeNose tersebut? Menurut keterangan yang disampaikan oleh Herlyn, “Para pelanggar aturan akan mempengaruhi kevalidan hasil pemeriksaan.”

Sehingga, apabila ingin memanggil tim GeNose alangkah baiknya untuk tetap mematuhi alur pemeriksaan baik itu dilakukan sebelum atau pada saat pemeriksaan. Masyarakat ataupun keluarga besar Universitas Airlangga yang ingin menggunakan jasa layanan GeNose, dapat menghubungi nomor PUSPAS atau berkunjung di laman puspas.unair.ac.id

Penulis: Zahwa E. Bella

Tags :
Baca Juga: