Posko Layanan Kesehatan PUSPAS Dalam Perayaan Dies Natalis UNAIR Tuai Banyak Manfaat
PUSPAS UNAIR – Kian hari penurunan angka kasus COVID-19 semakin menunjukkan penurunan yang signifikan. Era New Normal telah siap dimulai dengan pemberlakuan physical distancing, penggunaan masker, vaksinasi, dan rutin dalam melakukan medical check-up guna mengetahui status kesehatan diri seseorang.
Sejak kemunculannya di Indonesia, COVID-19 telah menjadi momok yang serius. Kala itu, masyarakat hidup dalam bayang-bayang ketakutan yang membuat kebanyakan dari masyarakat itu mengunci diri di rumah dan menutup rapat-rapat akses sosial karena takut terkena wabah atau tertular.
Namun, kebiasaan tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Saat ini, era new normal telah dimulai. Beberapa aktivitas tetap dapat terlaksana dengan pemberlakuan jaga jarak walaupun resikonya masih ada.
Guna menunjang kebiasaan new normal di masa pandemi ini, penting kiranya untuk tetap memantau kesehatan pribadi seperti rajin untuk melakukan langkah preventif kesehatan. Langkah tersebut dapat dilakukan dengan rutin melakukan cek tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat, saturasi oksigen, dan lain sebagainya.
Dalam gelaran acara DIES NATALIS ke-67 UNAIR, Pusat Pengelolaan Dana Sosial Universitas Airlangga (PUSPAS UNAIR) membuka Posko Layanan Tes Kesehatan secara gratis dan siap memeriksa para civitas akademika yang mampir ke posko tersebut.
Salah seorang pasien yang datang ialah Wakil Dekan I Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Beliau membagikan ceritanya seusai menjalani tes preventif di Posko Layanan Kesehatan PUSPAS UNAIR.
Melalui tim PUSPAS, Ibu Tika menyampaikan, “Menurut saya sangat luar biasa PUSPAS UNAIR memberikan fasilitas seperti ini, karena ditengah pandemi yang juga bersamaan dengan kegiatan offline yang pasti membutuhkan fasilitas seperti ini sebagai langkah pencegahan.”
“Disamping itu, saya juga senang melihat banyak yang berkunjung ke booth. Menandakan bahwa layanan ini memang yang sangat dibutuhkan.”
Tak tanggung-tanggung, Ibu Tika juga menuturkan terkait pelayanan yang beliau rasakan seusai mendapatkan pemeriksaan oleh tim medis dari PUSPAS UNAIR. “Pelayanannya bagus dan tim medisnya ramah. Disini tidak perlu antri dan hebatnya lagi hasil tesnya langsung keluar, dan gratis. Kami berterimakasih betul akan fasilitas ini,” ujar Ibu Tika.
“Namun, saya tetap berharap kedepannya bisa ditambah menu-menu baru seperti cek fisik berat badan, tinggi badan. Seperti mini medical check up atau PUSPAS juga bisa bekerjasama dengan mitra-mitra yang lain untuk bentuk-bentuk informasi penawaran terkait langkah preventif ini,” ucapnya seraya berharap untuk program PUSPAS kedepannya.
Penulis: Zahwa E. Bella
Editor: Ainun Jaria
Tags :