login-icon Donasi Sekarang login-icon Laporan login-icon Tentang Kami login-icon Berita

Fundrising Wisuda Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga

Fundrising Wisuda Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga

Fundrising wisuda merupakan progam rutin yang dilakukan oleh Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga. Kegiatan ini dilaksanakan di Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C Universitas Airlangga. Kegiatan fundraising wisuda dilaksanakan pada periode Maret, Juni, September dan Desember 2018, 2019, dan 2020 dimulai pukul 06.00 WIB dengan melakukan briefing pagi, dilanjutkan dengan fundraising pada pukul 06.30. Kegiatan berlangsung pukul 06.00-12.00 WIB di seluruh area ACC di luar waktu prosesi upacara wisuda dengan membagi volunteer dan perbankan di lokasi yang berbeda.

Kegiatan ini ditujukan untuk mengenalkan PUSPAS dan memberikan kesempatan kepada tamu undangan yang hadir untuk berkontribusi pada UNAIR dengan cara berdonasi. PUSPAS dalam proses fundraising bermitra dengan beberapa Bank. Selain itu pemasangan Photobooth juga diharapkan bisa membantu sosialisasi fundraising.

Langkah yang dilaksanakan oleh PUSPAS sebelum kegiatan fundraising wisuda adalah sebagai berikut:

1. Melakukan rapat koordinasi internal dan persiapan fundraising wisuda

2. Melakukan koordinasi daring (online) melalui whatsapp group.

3. Melakukan training fundraising kepada volunteer mahasiswa

4. Koordinasi dengan perbankan tanggal.

5. Melakukan proses penghimpunan dana sosial dan berkoordinasi dengan Bank Mandiri, Bank BNI, Bank CIMB Niaga Syariah, Bank Jatim Syariah, Bank Muamalat, dan Bank Syariah Mandiri sebagai bank tertunjuk atas rekening dana sosial, infaq, zakat dan wakaf

6. Melakukan evaluasi kegiatan di internal tim PUSPAS dengan staff magang, volunteer, beserta instansi internal yang terkait

7. Menyusun laporan pertanggung jawaban kegiatan.

Teknis Kegiatan

Adapun teknis kegiatan selama fundraising wisuda adalah :

1. Kegiatan dimulai dengan adanya briefing pagi pada pukul 06.00 WIB kepada seluruh panitia bertugas dan memulai kegiatan fundraising bersamaan dengan pembukaan registrasi peserta wisuda pukul 06.30 WIB.

2. PUSPAS mendapatkan kesempatan untuk melakukan pemutaran video PUSPAS dan sedikit waktu untuk pemaparan tentang PUSPAS yang dilakukan di awal dan di akhir di luar prosesi wisuda oleh MC wisuda.

3. Volunteer dan panitia bertugas diperbolehkan masuk area wisuda di dalam gedung ACC di jam diluar prosesi wisuda.

4. Kontak resmi PUSPAS 082252288774 digunakan untuk dapat berkomunikasi dengan civitas akademika maupun mitra PUSPAS sewaktu-waktu.

5. Ucapan terimakasih atas kontribusi donasi melalui PUSPAS langsung dikirim pada hari yang sama melalui WA dan SMS.

Adapun jumlah wisudawan/ti Universitas Airlangga yang telah diwisuda selama tahun 2018 pada bulan September sebanyak 2.905 wisudawan, bulan Desember 2018 sebanyak 980 wisudawan. Pada tahun 2019, bulan Maret sebanyak 2.306 wisudawan, bulan Juni sebanyak 987 wisudawan, bulan September sebanyak 3.232
Baca Juga: