login-icon Donasi Sekarang login-icon Laporan login-icon Tentang Kami login-icon Berita

Kunjungan Tim Audit Kearsipan UNAIR di Pusat Pengelola Dana Sosial Universitas Airlangga

Kunjungan Tim Audit Kearsipan UNAIR di Pusat Pengelola Dana Sosial Universitas Airlangga

PUSPAS UNAIR – Audit kearsipan merupakan sebuah proses untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis, dan memberikan evaluasi bukti yang objektif. Hal tersebut bertujuan untuk menilai kebenaran, kredibilitas, efektivitas, efisiensi, dan keandalan penyelenggaraan kearsipan yang harus berdasarkan standar kearsipan itu sendiri.

Pada Kamis (26/08/2021) Pusat Pengelola Dana Sosial Universitas Airlangga (PUSPAS UNAIR) menerima kunjungan dari tim audit kearsipan internal, bidang kearsipan, sekretariat Universitas Airlangga. Kunjungan dari tim audit kearsipan UNAIR ini merupakan rangkaian kegiatan pengawasan kearsipan terhadap seluruh unit kerja di lingkungan UNAIR.

Merujuk hasil keterangan salah satu staf PUSPAS UNAIR, Bagus Mohamad Ramadhan, SEI, “Kunjungan kegiatan ini merupakan bagian daripada entry meeting dari proses audit kearsipan oleh tim internal PUSPAS yang meliputi wawancara, pengecekan sarana prasarana, serta sumber daya kearsipan.”

“Wawancara yang dimaksud berupa cross check sampel surat yang telah dikirmkan ke tim auditor, yang terdiri atas 3 nota dinas, 3 surat tugas, dan 4 surat keluar. Kemudian untuk pengecekan sarana dan prasarana itu berkaitan dengan penyimpanan kearsipan, pemberkasan kearsipan, dan pemeliharaan kearsipan. Sedangkan, untuk sumber daya itu meliputi tenaga arsip atau arsiparis yang bertanggung jawab terhadap kearsipan di unit kerja,” imbuhnya.

Adapun hasil kegiatan kunjungan ini, adalah nantinya pihak PUSPAS akan melakukan proses perbaikan. “Kedepannya kami akan melengkapi berkas-berkas arsip yang masih kurang sebelum exit meeting,” ujar Bagus-sapaannya.

Exit meeting sendiri merupakan rapat penutup yang menandakan apabila proses audit telah

selesai dan hasil laporannya akan diberikan kepada pihak audit.

Langkah kedepannya, PUSPAS akan melakukan perbaikan berupa pemberkasan arsip aktif serta arsip vital.

“Selama ini PUSPAS belum melakukan pemberkasan arsip, sehingga kedepannya pemberkasan secara arsip aktif dan arsip vital,” terang Bagus.

Sehingga, melalui proses kunjungan ini, harapan ke depannya PUSPAS UNAIR dapat menjalankan kearsipan dengan tertib dan sesuai arahan tim audit.

Penulis: Zahwa E. Bella

Editor: Dr. Irham Zaki S.Ag., MEI.

Tags :
Baca Juga: