login-icon Donasi Sekarang login-icon Laporan login-icon Tentang Kami login-icon Berita

PUSPAS RAMAH LINGKUNGAN: PENGGUNAAN SEPEDA MOTOR LISTRIK UNTUK MEMBANTU PROSES MOBILISASI KEGIATAN PUSPAS

PUSPAS RAMAH LINGKUNGAN: PENGGUNAAN SEPEDA MOTOR LISTRIK UNTUK MEMBANTU PROSES MOBILISASI KEGIATAN PUSPAS

PUSPAS UNAIR memiliki satu unit kendaraan ramah lingkungan yaitu sepeda motor listrik. Alasan pemilihan sepeda motor listrik sebagai kendaraan untuk proses mobilisasi karena menggunakan tenaga listrik dan tidak mengeluarkan emisi gas sehingga tidak menimbulkan polusi udara. Selain itu, sepeda motor listrik tidak mengeluarkan suara yang bising sehingga tidak mengganggu orang di sekitar atau tidak menimbulkan polusi suara. Kendaraan ramah lingkungan tersebut sudah beroperasi sejak November 2023 dan masih beroperasi hingga sekarang.

Sepeda motor listrik digunakan untuk proses mobilisasi segala keperluan terkait dengan kegiatan PUSPAS. Saat ini, kendaraan tersebut aktif digunakan untuk kegiatan penyaluran nasi Jum’at berkah dan mobilisasi Laundry Berkah yang dilakukan setiap hari di setiap fakultas yang ada di Universitas Airlangga. Akan lebih efisien jika jumlah kendaraan tersebut lebih dari satu. Namun, dengan keterbatasan yang ada, pemanfaatan kendaraan tersebut dilakukan seoptimal mungkin guna menunjang kegiatan PUSPAS.

Pada penerapannya, penggunaan sepeda motor listrik dinilai sangat menguntungkan karena selain dapat membantu SDM PUSPAS dalam melakukan kegiatannya juga turut serta menjaga kebersihan udara sekitar. Harapan untuk ke depannya dengan adanya kendaraan tersebut adalah semoga kegunaan dan kemanfaatannya dapat bertambah untuk melakukan kegiatan penjemputan donasi, penyaluran bantuan, dan kegiatan lain yang bermanfaat.

Penulis: Devitasari

Baca Juga: