login-icon Donasi Sekarang login-icon Laporan login-icon Tentang Kami login-icon Berita

SERAHKAN LAPORAN KEUANGAN, PUSPAS UNAIR KEMBALI RAIH OPINI (WTP)

SERAHKAN LAPORAN KEUANGAN, PUSPAS UNAIR KEMBALI RAIH OPINI (WTP)

Setelah dilakukannya audit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP), Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) dan Nazhir Universitas Airlangga kembali menyerahkan laporan audit keuangan beropini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada rektor UNAIR.

Pada Senin tanggal 6 Mei 2024 Erfan Muhammad Rakhmawan selaku perwakilan dari KAP beserta seluruh jajaran PUSPAS membersamai Dr. Wisudanto selaku Ketua PUSPAS UNAIR dalam seremonial penyerahan laporan audit kepada Rektor UNAIR Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak di Balairua, Gedung Rektorat, Kampus MERR-C, UNAIR.

Dikutip dari unairnews Dr. Wisudanto atau yang akrab disapa Pak Wis menyampaikan bahwa hasil audit yang dilakukan oleh KAP terhadap PUSPAS kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama enam kali berturut-turut. Sebagai Lembaga Pengelola Dana, PUSPAS dan Nazhir UNAIR secara rutin melakukan audit internal sebagai bentuk pertanggungjawaban demi memastikan bahwa laporan keuangan dan operasional organisasi bersifat akurat dan sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang berlaku bertujuan untuk meningkatkan integritas laporan keuangan, mencegah terjadinya fraud. Selain menyampaikan audit laporan keuangan, Pak Wis juga mengatakan bahwa akses bukti audit dapat diakses melalui website PUSPAS UNAIR “agar masyarakat dapat menyaksikan, bahwa donasi yang masuk sudah diaudit mengenai penggunaan, cara pengelolaan, dan terkait dana wakaf yang ketentuannya harus sesuai dengan undang-undang wakaf”. kata Pak Wis

“Dengan adanya transparansi ini, masyarakat dapat lebih yakin dan percaya kepada UNAIR untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk membangun pendidikan yang lebih baik,” sambungnya. Transparansi ini merupakan bentuk dari tiga aspek Tiga aspek yang dikedepankan oleh PUSPAS UNAIR, yakni (1) akuntabel, (2) transparansi, dan (3) hasil audit yang terbukti. Pak Wis berharap agar PUSPAS dan Nazhir UNAIR akan terus berkembang dan menjalin kerjasama dengan pengelola zakat dan dana sosial di taraf internasional.

Dengan dilakukannya Audit Eksternal ini di harapkan meningkatkan Trust kepada masyarkat untuk terus bersinergi dan berkolaborasi Bersama.

Baca Juga: