login-icon Donasi Sekarang login-icon Laporan login-icon Tentang Kami login-icon Berita

Tertib Arsip, PUSPAS UNAIR Ajukan Kegiatan Pendampingan Kearsipan

Tertib Arsip, PUSPAS UNAIR Ajukan Kegiatan Pendampingan Kearsipan

PUSPAS UNAIR – Catatan rekaman kegiatan atau yang biasa kita kenal dengan istilah arsip memang banyak menyimpan informasi penting. Informasi tersebut tentu perlu disimpan dan diatur agar mudah dicari ketika dibutuhkan.

Sadar akan pentingnya nilai arsip, Pusat Pengelolaan Dana Sosial Universitas Airlangga (PUSPAS UNAIR) mengajukan permohonan pendampingan kepada pihak kearsipan UNAIR. Permohonan tersebut pun mendapat respon baik dari pihak kearsipan UNAIR.

Per tanggal 3-7 Januari 2022 tim arsip sebanyak tiga perwakilan hadir mendampingi dan memberikan pelatihan kepada PUSPAS UNAIR. Kegiatan pendampingan tersebut telah sukses dilakukan di kantor pusat PUSPAS UNAIR di Gedung Airlangga Sharia &, Entrepreneurship Education Center (ASEEC) Lt.11.

Melalui Miftakhuddin, S.IIP selaku salah satu pendamping menerangkan bahwa “Kegiatan pendampingan di PUSPAS ini kami laksanakan selama satu minggu penuh untuk mengelola kearsipan sebelum PUSPAS UNAIR menjadi auditee audit internal kearsipan.”

“Secara umum, mengelola kearsipan itu termasuk mengelompokkan sesuai klasifikasi yang sesuai dengan format UNAIR lalu dikelompokkan berdasarkan berkasnya dam sesuai dengan subjeknya lalu dilanjut dengan penataan di file cabinet,” sambungnya.

Berkaca dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) berkas-berkas pengklasifikasian yang diajarkan kepada pihak PUSPAS juga sudah sesuai dengan format dari ANRI. Kegiatan pendampingan ini diikuti oleh dua orang staf PUSPAS UNAIR yakni staff administrasi Bagus Mohamad Ramadhan, S. E dan staff keuangan Titis Nadya Basuki.

Untuk langkah kedepannya, “PUSPAS UNAIR dapat terus mengerjakan arsip secara berkala dan berkelanjutan,” ucap Mifthakhuddin.

“Selain itu, kami harap PUSPAS bisa tetap menjaga komunikasi dengan bidang kearsipan. Tetap semangat dan semua ini kita lakukan untuk mendukung percepatan pemeringkatan Universitas Airlangga,” pesannya seraya mewakili segenap tim arsip.

Dengan adanya kegiatan pendampingan ini, pihak PUSPAS UNAIR pun berharap mampu memberikan contoh yang baik bagi unit kerja lain untuk sadar akan pentingnya nilai arsip. Kegiatan sadar dan tertib arsip bukan saja kewajiban seorang arsiparis sebagai pengelola dan pengendali arsip, tetapi juga untuk semua unit kerja.

Penulis: Zahwa E. Bella

Editor: Ainun Jaria

Baca Juga: