login-icon Donasi Sekarang login-icon Laporan login-icon Tentang Kami login-icon Berita

Perguruan Tinggi Pendukung Gerakan Zakat", Puspas Unair hadiahkan BAZNAS Awarde kepada Rektor Unair

Perguruan Tinggi Pendukung Gerakan Zakat

Senin, 4 Maret 2024 Ketua Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Dr. Wisudanto, S.E., M.M., CFP., ASPM., atau akrab dikenal pak wis melakukan seremoni penyerahan penghargaan BAZNAS Awarde kepada Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak. sebagai perwakilan Universitas Airlangga atas penghargaan perguruan tinggi pendukung gerakan zakat yang disahkan oleh BAZNAS.

BAZNAS atau Badan Amil Zakat Nasional adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat dalam skala nasional. Memuat dari laman ppid.bpkh.go.id Penghargaan Baznas Awards 2024 merupakan bentuk apresiasi Baznas kepada para pemangku kepentingan yang telah berkontribusi dalam pengembangan dan pengelolaan zakat di Indonesia. dalam kategori perguruan tinggi pendukung gerakan zakat pada tahun ini Universitas Airlangga menempati urutan pertama dengan disusul Universitas Islam Sunan Kalijaga dan beberapa universitas lainnya sebagai peraih nominasi.

Dilansir dari puspas.unair.ac.id Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga merupakan unit kerja Universitas Airlangga yang bertugas untuk menghimpun, mengelola, dan menyalurkan donasi sosial dari masyarakat. Puspas Unair didirikan pada tahun 2017 berdasarkan SK Rektor Nomor 789/UN3/2017 dan disusul pembentukan Nazhir Unair pada tahun 2020 yang menjalankan fungsi sebagai Nazhir yaitu menerima dan mengelola Zakat dan Wakaf dari donatur. Dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat umum, PUSPAS Unair membuat Berbagai program sebagai bentuk kontribusi dari PUSPAS Universitas Airlangga. Adapun program tersebut terbagi menjadi beberapa fokus diantaranya adalah pembangunan dan kesejahteraan.

Berdiri sejak 2017, PUSPAS Unair telah banyak berkontribusi dalam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan baik dalam skala universitas hingga ke masyarakat. Saat ini PUSPAS sedang membantu perluasan masjid Nuruzzaman yang berlokasi di kampus B Universitas Airlangga, PUSPAS juga telah membantu pembangunan tempat ibadah hampir pada setiap Fakultas di Universitas Airlangga. Selain pembangunan PUSPAS Unair juga membantu mahasiswa sebagai upaya pemberdayaan, seperti menyediakan asrama, dan memberikan bantuan pada mahasiswa yang terhambat secara ekonomi. PUSPAS juga mendukung mahasiswa dalam berbagai kegiatan pengembangan diri seperti Lomba dalam skala Nasional maupun Internasional.

Sebagai Lembaga yang terpercaya, dana yang diamanahkan kepada PUSPAS Unair dapat dipantau di situs resmi milik PUSPAS Unair yakni puspas.unair.ac.id. dalam laman web tersebut masyarakat dapat secara langsung berdonasi dan melihat program-program yang telah dijalankan oleh PUSPAS Unair beserta laporan keuangan pada setiap tahunnya.

Penulis: Azlin Huwaida Azzahra (Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Angkatan 2022)
Baca Juga: